Hati hati dengan modus Penipuan Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Jaminan

Hati hati dengan modus Penipuan Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Jaminan-Hari gini siapa yang tidak mau pinjaman dana tunai duit bayar belakangan? Tawaran menggiurkan ini sering kita lihat di selebaran dengan iming-iming “dana tunai cepat”. Tapi apakah benar segampang itu memperoleh pinjaman? Legalitas belum terjamin Perlu diketahui, selebaran yang menawarkan pinjaman dana tunai sebagai pinjaman modal usaha tersebut belum terjamin legalitasnya.
Hati hati dengan modus Penipuan Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Jaminan

 Mengapa harus legal? Agar Anda sebagai peminjam pun dapat dilindungi oleh hokum, saat terjadi penyimpangan kesepakatan. Bentuk penipuan dengan modus tanpa jaminan syarat mudah cukup ktp dan pasti mereka minta uang admin terlebih dahulu setelah kita transfer mereka menghilang begitu saja modus kejahatan ini kembali tren di 2017 INI !!

Karena terbelit hutang dan beban hidup, masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah sangat rentan dengan aksi penipuan ini. Alhasil bukannya menyelesaikan masalah keuangan, malah tertimpa masalah baru.

Masyarakat yang tidak paham akan modus pinjaman tunai dari lembaga yang tidak jelas ini sering menjadi korban. Hal ini terbukti dari banyaknya pengaduan penipuan tersebut di kantor polisi. Tak jarang Lembaga keuangan yang tidak jelas identitasnya tersebut ‘membawa lari’ properti yang yang digadaikan. Iming-iming bunga rendah Dengan iming-iming bunga yang ringan, masyarakat mudah terperangkap dalam jebakan ini.

Bagaimana Menghindari Penipuan Pinjaman Online?
Kasus penipuan pinjaman melalui online marak terjadi di Indonesia. Iming-iming syarat mudah supaya bisa mendapat uang tunai jelas menggiurkan para debitur, apalagi jika mereka sedang membutuhkan dana tunai dalam waktu cepat. Padahal, kemudahan tersebut terkadang berujung pada penipuan.

Survey dari Kaspersky Lab menyatakan setidaknya 26 persen konsumen yang menggunakan metode online untuk transaksi di Indonesia menjadi korban penipuan. Jadi, Anda wajib berhati-hati ketika bertransaksi online baik saat belanja atau mengajukan pinjaman uang online.

Apabila kurang membekali diri dengan pengetahuan dan informasi mendalam, bisa-bisa Anda terjebak menjadi salah satu korban. Penipuan pinjaman online dengan proses cepat dan syarat mudah saat ini sudah merajalela di media sosial, seperti contoh ini salah satunya. Agar Anda bisa terhindar dari penipuan pinjaman online, bekali diri dengan cara-cara berikut :

  • Selidiki identitas perusahaan/lembaga keuangan
Sebelum tergiur dengan dana tunai yang bisa diperoleh dengan mudah tanpa jaminan apa pun dari perusahaan KTA online, ada baiknya menyelidiki perusahaan tersebut. Apakah memiliki situs dan kantor resmi, adakaha nomer telepon kantor yang bisa dihubungi dan punya track record jernih. Anda bisa memulainya dengan melakukan riset di internet hingga mendatangi kantor resmi perusahaan tersebut untuk lebih meyakinkan.
BACA JUGA: AWAS PENIPUAN MENGATASNAMAKAN PINJAMAN UANG LUAR NEGERI YANG BESAR
Apabila ada perusahaan atau lembaga keuangan yang menawarkan jasa pinjaman uang online dengan waktu cepat, misalnya kurang dari seminggu dan dikirim melalui pesan singkat, sebaiknya perlu diwaspadai. Bisa saja itu adalah modus penipuan. Apalagi jika itu berasal dari nomor ponsel pribadi, bukan atas nama perusahaan. Sangat penting mengetahui identitas si peminjam. Apakah Anda mengajukan pinjaman di bank atau perusahaan pinjaman terpercaya serta memiliki lisensi? Pinjaman dari perusahaan berlinsensi merupakan opsi paling aman.

  • Tahu cara kerja pinjaman online
Umumnya saat Anda mengajukan pinjaman online, Anda hanya mengisi data-data berupa nama, nomer telepon dan alamat email. Kemudian pihak kreditur akan menghubungi Anda untuk meminta konfirmasi data agar proses peminjaman dapat dilanjutkan ke tahap mendalam. Perjanjian pinjaman, simulasi cicilan, bunga pinjaman serta cara membayar angsuran akan disampaikan pihak debitur saat melakukan survey ke tempat Anda. Seluruh rangkaian proses hingga uang cair ke rekening sama sekali tidak dibebankan biaya di muka.
BACA JUGA: Pinjaman Uang Online yang Langsung Cair Tanpa Jaminan Tanpa Biaya Admin
Biasanya penipuan berkedok pinjaman online ini meminta calon debitor untuk mengirim sejumlah uang di muka dengan ‘embel-embel’ sebagai biaya administrasi. Apabila Anda dimintai biaya di awal ketika mengajukan pinjaman online sebaiknya segera tolak dan coret perusahaan pinjaman online tersebut dari daftar Anda.

  • Kenali servis si pemberi kredit / Pemberi Pinjaman uang tanpa jaminan
Perkembangan teknologi yang pesat memang memudahkan setiap aktivitas kita, termasuk mengajukan pinjaman. Zaman ini, untuk mengajukan pinjaman saja sudah bisa diakses melalui ponsel pintar. Jadi kapan pun Anda membutuhkan uang, cukup mengajukan pinjaman uang lewat online.

Di Indonesia saat ini sedang marak peminjaman online di lembaga keuangan atau lebih dikenal dengan istilah Fintech (Financial Technology). Beberapa Fintech yang sedang bergaung namanya sebagai pemberi pinjaman adalah Uang Teman , Mereka memberi pinjaman dana dengan cara sederhana dan cukup mudah.

Sebagai langkah awal mengajukan pinjaman, Anda cukup mengakses situs Fintech tersebut, kemudian mengisi data-data berupa informasi diri dan jumlah pinjaman. Tinggal tunggu data diproses kemudian Anda akan dihubungi oleh pihak pemberi pinjaman untuk mengonfirmasi data dan menanyakan hal-hal lain terkait kebutuhan pinjaman. Barulah pihak kreditur akan melakukan survey serta mengirim lembar perjanjian pinjaman.
BACA JUGA: PANDUAN CARA MENGISI FORMULIR PINJAM UANG TANPA JAMINAN DI SITUS PINJAMAN TANPA JAMINAN UANGTEMAN
Adapula servis pemberi pinjaman yang dilakukan oleh Aturduit dengan cara menjembatani keperluan dana debitur pada pihak bank. Di sini Anda pun bisa membandingkan bunga pinjaman dari beberapa bank untuk mendapatkan pinjaman terbaik sesuai kemampuan.

Lalu, bagaimana membedakan apakah jasa pinjaman online itu penipuan atau bukan? Tentu Anda harus menyelidiki dahulu apakah perusahaan ini resmi atau tidak seperti yang dijelaskan pada poin pertama, kemudian kenali juga servis atau pelayanan yang diberikan.

Untuk perusahaan Fintech, servis yang mereka berikan adalah memberikan pinjaman online tanpa jaminan apa pun. Namun, tetap melalui serangkaian proses tapi pihak debitur tidak dikenakan biaya administrasi apa pun ketika mengajukan. Sementara situs seperti Aturduit bersifat sebagai penasihat keuangan, di mana situs ini tidak meminjamkan uang langsung ke debitur namun membantu Anda untuk mendapat pinjaman dari lembaga keuangan berlisensi. Dan pihak debitur bebas bertanya atau berkonsultasi sebelum mengajukan pinjaman. Biayanya gratis.

Setelah data diri Anda lengkap, maka pihak bank atau lembaga keuangan akan mengambil alih untuk memproses pinjaman Anda. Jadi, prosesnya terbilang aman karena transparansi.

  • Kantongi ciri-ciri penipuan
Cara paling mudah mengenali penipuan pinjaman online adalah adanya pembayaran biaya di muka. Modus seperti ini adalah ciri-ciri penipuan, karena bial dipikir dengan akal sehat, Anda tidak harus membayarkan sejumlah uang untuk mendapat pinjaman. Ini adalah cara penipu online memanfaatkan kelemahan Anda yang sedang butuh uang secara cepat, mereka berpikir Anda mau melakukan apa saja demi mendapat uang tunai dari mereka.

Taktik lainnya yang digunakan penipu adalah menghubungi Anda namun mengatasnamakan pihak bank atau lembaga keuangan. Biasanya mereka menghubungi melalui telepon atau email. Mulai waspada saja, apalagi jika sudah meminta sejumlah dana. Sebaiknya segera abaikan dan hubungi pihak bank yang bersangkutan untuk meminta konfirmasi. Dengan cara ini Anda bisa terhindar penipuan pinjaman online. Untuk mengenali apakah pemberi pinjaman merupakan komplotan penipu atau bukan, berikut ciri-cirinya ;

  • 1. Meminta biaya di muka
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pihak bank dan lembaga keuangan berlisensi tidak akan meminta biaya sepeserpun di awal sebelum debitur menerima pinjaman. Apabila percakapan di awal telepon, pihak kreditur sudah meminta biaya maka segera abaikan karena ini adalah ciri-ciri penipuan. Biasanya para penipu akan meminta biaya di muka dengan alasan bisa mempercepat proses pinjaman Anda. Adanya tambahan biaya adminisrasi atau biaya lain jika diperlukan, biasanya dipotong dari jumlah pinjaman sebelum pencairan.

  • 2. Kreditur mengabaikan IDI Historis
IDI Historis merupakan sebuah produk Sistem Informasi Debitur (SID) yang berupa laporan mengenai data-data debitur serta data lainnya seperti fasilitas kredit, agunan, penjamin dari Bank atau Lembaga Pembiayaan. Apabila catatan keuangan Anda menorehkan IDI Historis buruk seperti pernah menunggak pembayaran kartu kredit atau terlibat utang berkepanjangan maka pinjaman Anda jelas akan ditolak.

Perlu berhati-hati ketika kreditur memudahkan Anda mendapat pinjaman tanpa syarat apa pun bahkan mengabaikan IDI Historis Anda dan mengatakan ‘Anda bisa mendapat pinjaman dengan mudah dan kami tidak perlu tahu status kredit Anda’. Jika mereka dengan mudahnya memproses pinjaman tanpa melihat historis kredit Anda sebaiknya waspadalah, mungkin si penipu sedang beraksi.
BACA JUGA: Tempat untuk mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan
  • 3. Memaksa debitur
Saat kreditur mulai memaksa dan menekan Anda untuk segera mengrim sejumlah uang ke rekening agar mempercepat proses pinjaman, ini berarti dia sedang menipu. Penipu akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang Anda, bahkan tak segan-segan mereka langsung meminta uang sebelum menanyakan data diri Anda. Hingga mengatakan bahwa ini adalah tawaran sekali seumur hidup, atau kapan lagi Anda bisa mendapat pinjaman dengan bunga rendah dan prosesnya cepat, Untuk menghindarinya, Anda bisa meminta pengisian data-data dilakukan terlebih dahulu saat mengajukan pinjaman.

Hati hati dengan modus Penipuan Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Jaminan-Dengan membekali diri sedari dini maka Anda tak akan menjadi korban penipuan pinjaman online.

Subscribe to receive free email updates: