Tips Cerdas cara Memilih dan Persyaratan Pinjaman Uang Non Bank Tanpa Jaminan

Tips Cerdas cara Memilih dan Persyaratan Pinjaman Uang Non Bank Tanpa Jaminan-Di tengah keadaan perekonomian negara yang sedang mengalami gempuran fluktuasi, membuat beberapa kalangan masyarakat semakin mengalami kendala dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup baik primer maupun sekunder. Meski pendapatan per bulan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun tak dapat dipungkiri bahwa akan selalu ada kebutuhan finansial lain yang tak kalah mendesak.
Tips Cerdas cara Memilih dan Persyaratan Pinjaman Uang Non Bank Tanpa Jaminan

Salah satu alternatif untuk bisa menutupi kebutuhan tersebut adalah dengan mengajukan pinjaman. Baik pinjaman bank maupun pinjaman uang non bank.
BACA JUGA: Takut KTA Konvensional Haram, Gunakan KTA Syariah Saja
Meski sebenarnya persyaratan pengajuan pinjaman di bank masih terbilang sederhana dan mudah, namun faktanya masih banyak orang yang masih enggan mengajukan pinjaman ke bank karena berbagai hal misal tidak memiliki rekening di bank, ada juga yang beranggapan akan mengalami kendala dalam masa pengembalian pinjaman (mengangsur pinjaman) atau tidak ingin berurusan dengan pihak bank yang bisa jadi akan memberatkan kondisi mereka. Alternatif lainnya tentu saja adalah meminjam uang di badan atau lembaga pembiayaan non-bank. Namun sebelum Anda mengajukan pinjaman ke lembaga atau badan pembiayaan non-bank tersebut.
BACA JUGA: Pinjaman Uang Koperasi atau Non Bank,Ketahui Syarat dan Cara Pengajuannya
Tips Memilih Pinjaman Uang Non Bank Tanpa Jaminan
  1. Pastikan bahwa badan atau lembaga keuangan tersebut sudah berbadan hukum atau memiliki izin/legalitas yang sah dari pemerintah.
  2. Sudah dipercaya dan dikenal masyarakat sebagai lembaga yang memiliki reputasi yang baik.
  3. Pilihlah badan atau lembaga pembiayaan yang terdekat dari wilayah Anda sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membayar cicilan pinjaman.
  4. Pastikan memilih badan atau lembaga yang menawarkan suku bunga paling rendah, Anda bisa membandingkan antara satu dengan yang lainnya sehingga Anda akan memiliki gambaran manakah yang paling ringan cicilannya. Baca Juga: Rahasia Mendapatkan Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Itulah beberapa tips dalam memilih penyedia pinjaman uang non bank untuk meminimalisir kerugian secara finansial hingga penipuan yang akhir-akhir ini semakin meresahkan. Meski saat ini ada banyak sekali lembaga atau perusahaan penyedia pinjaman uang yang bukan dari perbankan namun ada baiknya jika kita lebih teliti dalam memilih. Selain ada baiknya Anda mengikuti tips-tips berguna seperti di atas, Anda juga harus memahami bahwa ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi antara lain:

  • Tercatat sebagai WNI.
Syarat utama dalam pengajuan pinjaman non-bank ini adalah tercatat sebagai Warga Negara Indonesia yang sah dan bertempat tinggal di Indonesia pula. Bahkan untuk beberapa lembaga pembiayaan mengharuskan Anda berdomisili di wilayah yang sama dengan lembaga pembiayaan tersebut. Hal ini tentu dibuktikan dengan dokumen yang wajib dibawa yaitu fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.
BACA JUGA: Pinjaman Uang Online yang Langsung Cair Tanpa Jaminan Tanpa Biaya Admin
  • Memiliki usia yang cukup matang.

Tak semua orang bisa menikmati pinjaman non-bank meski ia sudah memiliki penghasilan sendiri. Jika Anda berniat untuk mengajukan pinjaman, maka syarat usia minimal adalah 21 tahun karena pada usia tersebut, seseorang dianggap sudah matang secara mental dan pikiran sehingga dapat membuat keputusan yang baik serta bertanggungjawab. Sedangkan usia maksimal saat pengajuan biasanya adalah sekitar 55-65 tahun pada saat tenor pinjaman berakhir.
BACA JUGA:
  • Berstatus karyawan tetap atau minim penghasilan yang sesuai.
Baik pinjaman uang di bank ataupun pinjaman uang non bank, Anda haruslah berstatus karyawan tetap, PNS, TNI/POLRI, wirausahawan dan profesional dengan minimal penghasilan yang sesuai. Dibuktikan melalui slip gaji/surat keterangan penghasilan untuk karyawan, SK pengangkatan jabatan untuk PNS dan TNI/POLRI, akta pendirian perusahaan atau SIUP untuk wirausahawan dan surat ijin praktik bagi profesional. Masing-masing calon debitur juga harus melengkapi seluruh dokumen yang diminta.
BACA JUGA: TIPS AGAR TIDAK MENJADI KORBAN PENIPUAN BERKEDOK PINJAMAN UANG TANPA JAMINAN DAN KREDIT TANPA AGUNAN (KTA)

Subscribe to receive free email updates: