Waspadai Ciri-Ciri Modus Penipuan Pinjaman Uang KTA Berikut Ini

Waspadai Ciri-Ciri Modus Penipuan Pinjaman Uang KTA Berikut Ini-Popularitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) semakin bersinar dari tahun ke tahun, bahkan KTA menjadi salah satu produk perbankan paling dicari dan banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat karena kemudahan dan keunggulannya.
Waspadai Ciri-Ciri Modus Penipuan Pinjaman Uang KTA Berikut Ini

Mulai dari kemudahan persyaratan, yakni KTA  tidak membutuhkan aset untuk dijadikan sebuah jaminan, hingga proses pengajuan kredit yang singkat menjadi faktor utama yang membuat masyarakat sangat menyukai dan memilih KTA sebagai solusi kebutuhan kredit mereka.
BACA JUGA: Penipuan Pinjaman Online Merajalela, Kenali Ciri-Ciri Modus Penipuan Berkedok Pinjaman Online
Semua orang menginginkan proses pengajuan kredit yang praktis dan tidak merepotkan saat meminjam uang di bank, KTA pun menjadi produk pilihan yang pas. Meskipun KTA memang sangat diminati, tetapi bukan berarti KTA akan sangat mudah untuk didapatkan. Tetap ada persyaratan dan aturan yang harus diperhatikan supaya produk KTA tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Situasinya, ada banyak modus penipuan berkedok KTA yang dilakukan oleh oknum-oknum jahat yang hanya merugikan Anda.
BACA JUGA: Tips Cerdas cara Memilih dan Persyaratan Pinjaman Uang Non Bank Tanpa Jaminan
Penipuan berkedok KTA  yang sering terjadi biasanya menyasar orang-orang yang sangat bersemangat mencari dana pinjaman dan minim informasi. Mungkin Anda tidak pernah menyangka sebelumnya jika di luar sana ada banyak sekali orang-orang yang menjadi korban penipuan berkedok pinjaman KTA. Oleh sebab itu, sebagai debitur atau pihak yang meminjam dana, Anda harus bersedia untuk memahami dan mengetahui informasi terkini untuk mewaspadai penipuan berkedok KTA. Apa saja ciri-ciri modus penipuan berkedok KTA, simak tips di bawah ini dengan baik agar Anda tidak terhindari dari penipuan.

  • 1. SMS berantai yang menggoda
Salah satu cara penipu mendekati anda adalah dengan melakukan penawaran yang mudah dan murah lewat SMS. SMS  terbilang modus lama, namun hingga saat ini masi banyak digunakan dan masih saja banyak orang yang menjadi korbannya. Lewat sebuat pesan singkat (SMS) ini, anda akan ditawari kemudahan dalam mendapatkan sejumlah dana yang jumlahnya bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Anda tergoda? Bisa jadi, iya. Namun jika anda jeli melihatnya, maka logika anda akan bekerja dan menimbulkan pertanyaan, “Bagaimana mungkin sejumlah besar dana bisa didapatkan melalui sebuah pesan singkat saja?”

Tipsnya: Jangan mudah tergiur dan membuat kesalahan dengan cara meladeni berbagai SMS yang serupa, tindakan tersebut hanya akan membuat anda menjadi korban penipuan nantinya. Lebih baik dihapus saja SMS yang berisikan tawaran pinjaman uang tanpa syarat. Para pelaku kejahatan penipuan berkedok KTA  akan selalu semangat mengirimi SMS  ke ponsel anda, oleh sebab itu Anda juga harus lebih semangat lagi untuk mengabaikannya. Orang-orang lebih mengenal mereka sebagai telemarketing, di mana mereka dengan mengatasnamakan bank tertentu akan menelepon anda dan mulai menggoda anda dengan beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Mengatakan bahwa anda adalah nasabah prioritas yang khusus mendapatkan penawaran tersebut secara langsung.
  • Mengiming-imingi anda dengan berbagai hadian menarik dan bahkan serangkaian proses yang sangat mudah dan super cepat.
  • Memberikan anda fasilitas “Free Approve”, di mana anda hanya perlu mangatakan iya dan setuju, maka proses pengajuan anda segera diproses dan disetujui selama 2-3 hari ke depan. Hal ini tentu dengan menggunakan data diri anda dan juga berbagai persyaratan pengajuan anda yang entah dari mana asalnya.  

Senang? Sebagian besar orang mungkin akan memberikan respon positif, yang artinya mereka telah masuk ke dalam perangkap penipuan tersebut. Di mana dalam beberapa kasus, pelaku kemudian meminta sejumlah data diri dan juga identitas lainnya, termasuk nomor kartu kredit anda. Dalam kondisi yang seperti ini, biasanya anda akan dengan mudah memberikan berbagai informasi tersebut dan di sinilah letak kesalahan fatalnya, di mana para penipu tersebut bisa dengan mudah membobol sejumlah kartu kredit dan juga rekening anda yang lainnya.

Tips: Satu-satunya langkah yang bisa anda lakukan sebagai bentuk pencegahan adalah dengan cara menolak penawaran tersebut dan menutup sambungan telepon dengan sopan. Mintalah dengan baik agar mereka tidak bersusah payah untuk menghubungi anda kembali, katakan jika anda tidak berminat dan sama sekali tidak membutuhkan pinjaman KTA terseut. Namun jika ternyata anda membutuhkan pinjaman KTA pada saat yang bersamaan, maka akan sangat baik jika anda menghubungi pihak bank secara langsung dan mengajukannya sendiri di sana.
BACA JUGA: Rahasia Cara Pinjam Uang Tanpa jaminan dengan Cepat Tanpa Survey
  • 3. Surat cinta elektronik dari bank
Sudah bukan rahasia lagi jika pemasaran lewat email adalah salah satu bentuk pemasaran yang terbilang sukses dan menjanjikan. Jangan salah, para pelaku kejahatan juga melihat hal ini sebagai sebuah peluang untuk mendapatkan berbagai keuntungan. Bahkan mereka akan melakukannya dengan profesional, di mana desain, logo, nomor telepon, alamat dan bahkan tata bahasa yang digunakan dalam surat tersebut akan sangat meyakinkan.

Biasanya dalam email tersebut mereka akan menawarkan pengajuan KTA yang lebih mudah untuk anda, di mana anda bisa mengisi formulir dan mengirimkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk softcopy. Ini tentu akan menyenangkan untuk anda, karena semuanya bisa diajukan dengan sangat simpel bukan? Anda hanya perlu mengisi sebuah data, lalu mengunggah berbagai persyaratan yang mereka minta, seperti: KTP / Pasport, kartu kredit, kartu ATM dan SIM jika dibutuhkan.
BACA JUA: Takut KTA Konvensional Haram, Gunakan KTA Syariah Saja
Tanpa anda sadari, anda telah melakukan sebuah kesalahan yang besar karena telah memberikan semua data diri dan juga informasi mengenai kegiatan perbankan anda kepada mereka, dan bahkan setelah berbagai tindakan kejahatan yang mereka lakukan sekalipun, anda mungkin belum akan menyadarinya juga. Tidak akan butuh waktu lama, sesaat setelah mendapatkan semua data diri anda, para pelaku kejahatan tersebut akan dengan cepat menguras dana dari tabungan anda dan juga menimbulkan sejumlah tagihan di kartu kredit anda.

Tips: Jangan pernah mudah tergoda dengan berbagai email yang anda terima, terutama jika isinya menyangkut masalah keuangan dan juga investasi lainnya. Ada banyak sekali godaan yang mungkin akan mereka berikan untuk anda, namun jika anda tenang menghadapinya, maka anda cukup mengabaikannya saja.

  • Ajukan Pinjaman Uang KTA anda dengan benar dan pada tempat yang tepat
Waspadai Ciri-Ciri Modus Penipuan Pinjaman Uang KTA Berikut Ini-Ketika kita berbicara mengenai KTA, maka kita akan langsung mengingat keberadaan bank dan secara otomatis kita berpikir mengenai berbagai kesulitan dan juga prosesnya yang terbilang tidak mudah. Hal seperti inilah yang berpotensi membuat kita menjadi korban penipuan. Pahamilah dengan baik, bahwa proses yang benar akan membuat segalanya lebih mudah dan anda juga lebih tenang. Ajukan KTA pada tempat yang semestinya, maka anda terhindar dari berbagai tindak penipuan.

Subscribe to receive free email updates: